International Council for Small Business (ICSB) Indonesia adalah organisasi nonprofit yang fokus pada pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) serta penyebaran semangat kewirausahaan. ICSB Indonesia sendiri merupakan bagian dari ICSB yang berdiri sejak tahun 1955 dan merupakan organisasi global pertama yang memiliki perhatian terhadap pengembangan dan edukasi untuk usaha kecil di seluruh dunia

Saat ini ICSB berkantor pusat di Washington D.C. dan telah memiliki jaringan di 85 negara. Indonesia sendiri bergabung secara aktif dengan jaringan ICSB global sejak tahun 2015 atas prakarsa dari A.A.G.N. Puspayoga dan Hermawan Kartajaya. Dengan dukungan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia, ICSB Indonesia terus berupaya untuk mengembangkan jaringan hingga ke seluruh Provinsi di Indonesia.

ICSB Indonesia didukung oleh 4 pilar utama yang saling bersinergi untuk memperkuat perkembangan UKM di tanah air, yang meliputi pemerintah, akademisi, periset, serta praktisi bisnis. Hingga saat ini ICSB Indonesia telah melibatkan unsur-unsur tersebut dalam berbagai kegiatan yang diadakannya, baik di tingkat nasional maupun lokal (daerah).

Kepengurusan ICSB Indonesia sendiri meliputi Pengurus Pusat di tingkat nasional, Pengurus Wilayah di tingkat provinsi serta Pengurus Daerah di tingkat Kabupaten serta Kotamadya. Untuk mengoptimalkan kinerjanya, kepengurusan ICSB Indonesia berusaha menyeimbangkan komposisi empat pilar utama yang telah dibahas sebelumnya di dalam setiap tingkatan organisasi.

Di tengah banyaknya upaya untuk mendorong pelaku UKM di tanah air agar bisa maju dan naik kelas, ICSB Indonesia memposisikan diri sebagai “payung” yang akan mewadahi setiap upaya dan gerakan tersebut agar bisa terhubung dengan jaringan regional (Asia) serta global yang dimilikinya. Dengan ini, kisah dan strategi sukses UKM yang ada di luar negeri bisa diadaptasi untuk pelaku UKM Indonesia, dan sebaliknya, keberhasilan yang ada di negeri ini juga bisa diangkat ke forum-forum bergengsi yang ada di tingkat regional maupun internasional.